News Update :

Pengertian Pajak, apa itu pajak?

Selasa, 13 Desember 2011

Pengertian Pajak, apa itu pajak

Definisi Pajak - Sobat pasti sering menemukan kata-kata ini "Barang ini belum termasuk pajak" atau "Pajak di tanggung pemenang", kebanyakan orang cenderung "alergi" jika mendengar kata-kata pajak ini. Nah kecenderungan "alergi" ini mungkin disebabkan oleh Definisi Pajak itu sendiri. Jadi Apa sih Pajak itu sebenarnya? Ada beberapa ahli yang mengemukakan tentang pengertian pajak, sehingga dhie ingin berbagi kepada sobat semua, agar sobat dapat lebih mengenal dengan Pajak dan tidak menjadi alergi lagi..he..he..


Definisi atau pengertian pajak menurut Prof. Dr. Rochmat Soemitro, SH :
Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tiada mendapat jasa timbal (kontraprestasi) yang langsung dapat ditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum.

dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa pajak memiliki unsur-unsur :
1. Iuran dari rakyat kepada negara
yang berhak memungut pajak hanyalah negara. Iuran tersebut berupa uang (bukan barang).
2. Berdasarkan undang-undang
Pajak dipungut berdasarkan atau dengan kekuatan undang-undang serta aturan pelaksanaannya.
3. Tanpa jasa timbal atau kontraprestasi dari negara yang secara langsung dapat ditunjukkan. Dalam pembayaran pajak tidak dapat ditunjukkan adanya kontraprestasi individual oleh pemerintah.
4. Digunakan untuk membiayai rumah tangga negara, yakni pengeluaran-pengeluaran yang bermanfaat bagi masyarakat luas.


Aplikasinya:
Untuk lebih jelasnya begini, Sobat adalah sebagai warga negara, warga negara itu kan dirawat oleh negara melalui fasilitas umum seperti jalan raya, rumah sakit, subsidi, dll yang dikelola oleh departement terkait. Tentunya fasilitas umum yang gratis itu memerlukan biaya untuk pengelolaannya, dalam ilmu akuntansi ada istilah "kalau ada biaya pasti ada pendapatan", pendapatan negara salah satunya dari pajak. Selama ini fasilitas umum yang sobat nikmati adalah hasil dari pajak yang dipungut oleh negara kepada warga negaranya. Kesimpulannya kesadaran sobat dalam membayar pajak sangat dituntut, setidaknya sebagai imbal balik kepada negara karena telah menyediakan fasilitas umum yang sangat kita semua perlukan, coba kalau tidak ada jalan raya ataupun kantor pemerintahan?Apa kata Dunia...


Daftar Pustaka
"Perpajakan (edisi Revisi 3)", Andi Yogyakarta, 2003, Prof.Dr.Mardiasmo.MBA.,Ak

Silahkan copy artikel ini beserta code berikut sebagai catatan kaki

*Hargailah Hasil Karya Orang Lain*



Kata Kunci :
Definisi Pajak adalah... , Pengertian Pajak menurut Prof. Dr. Rochmat Soemitro, Pajak adalah iuran rakyat, Arti Pajak, Apasih Pajak itu sebenarnya, Apa itu Pajak
Share this Article on :

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© Copyright Obsezi 2011 - 2012 | Sponsor Herdiansyah Hamzah | Borneo Templates