News Update :

5 Aturan Buka Facebook di Kantor Agar Karir Aman

Sunday, January 8, 2012

5 Aturan Buka Facebook di Kantor Agar Karir Aman

Membuka Facebook Di Kantor, Obsezi - Kita akui bahwa social network sudah menjadi bagian dari gaya hidup kita. Coba perhatikan aktivitas keseharian di sekitar kamu, banyak kita jumpai beberapa orang sedang asyik memainkan jari jemarinya di atas keyboard. Entah karena gengsi atau hanya sekedar coba-coba, social network seakan-akan telah menghipnotis kita akan serunya berinteraksi di dunia maya. Dari mulai sekedar mengupdate status hingga game online, semua tersedia dalam 1 sentuhan.


Memang jika kita tidak memperhatikan Aturan Main Dalam Membuka Facebook di Kantor, tak ayal dapat mendatangkan malapetaka besar. Kenapa bisa begitu? ya walaupun masih menjadi perdebatan hubungan antara ber-facebook ria di kantor dengan tingkat produktivitas, tetapi satu hal yang pasti apabila kita tertangkap basah sedang melakukan akitivitas online disaat jam kerja, tentu akan menurunkan reputasi kita di mata perusahaan dan tidak menutup kemungkinan berakhir pada pemecatan. Sebuah resiko yang besar untuk dipertaruhkan. Maka tak heran saat ini beberapa perusahaan bahkan menetapkan kebijakan memblokir beberapa situs social network dengan dalih meningkatkan kinerja. Hm..beruntunglah kamu jika di tempat kerja mu masih memberikan keleluasaan dalam mengakses Facebook. Berikut 5 Tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk dapat memanfaatkannya dengan bijak :

1. Kenali dan taatilah aturan perusahaan
Perusaahaan Kamu memberikan kebebasan Kamu untuk berfacebook ria saat kerja? Jika iya, seberapa sering? Situs apa saja yang boleh diakses? Pisahkanlah urusan pribadi dan urusan kantor. Pelajari juga ketentuan yang mengatur akses terhadap situs jejaring sosial selengkapnya.

2. Gunakan password yang berbeda
Usahakan password untuk account pekerjaan dan situs jejaring sosial berbeda. Jika password Kamu terbongkar, bisa mengakibatkan rusaknya reputasi Kamu. Jangan menambah resiko dengan password yang sama pada account yang menyangkut pekerjaan.

3. Selalu log off saat meninggalkan komputer
Jangan pernah meninggalkan komputer saat account Kamu aktif, terlebih lagi di situs jejaring sosial. Misal Kamu meninggalkan komputer dengan account Facebook aktif, bisa saja teman atau orang lain yang tidak bertanggung jawab menuliskan sesuatu pada status Kamu. Jangan sampai reputasi Kamu rusak hanya karena lupa log off.

4. Hindari resiko yang tak perlu
Jangan meng-klik atau meneruskan links yang Kamu tidak yakin keamanannya. Untuk memastikannya cek dengan aplikasi perlindungan web seperti F-Secure’s free browsing Protection. Jika seseorang meminta bantuan keuangan atau menyebarkan berita yang penuh kontroversi, jangan tanggapi di kantor. Tapi bukalah di rumah. Jika perlu menginstal aplikasi tambahan, pastikan Kamu telah mengetahui syarat dan ketentuannya.

5. Pikirkan dengan siapa anda berbagi
Saat akan memajang sesuatu, pertimbangkanlah dengan matang. Pastikan juga siapa saja yang bisa mengakses apa yang Kamu posting, karena mungkin saja apa yang Kamu pajang menjadi konsumsi publik. Hal yang Kamu posting mungkin saja baik untuk saat ini, tapi bisa jadi menyakitkan di kemudian hari. Berhati-hatilah juga saat berbagi gambar atau video. Jangan posting gambar dan video yang sifatnya pribadi.


Nah 5 Aturan Buka Facebook di Kantor ini semoga berguna dan menjadi acuan kita agar lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan kepercayaan yang telah diberikan kepada kita.



Daftar Pustaka
Internet Sehat




Silahkan copy artikel ini

*Hargailah Hasil Karya Orang Lain*

Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment

 
| Sponsor Herdiansyah Hamzah | Borneo Templates